Peluang Usaha Budidaya Tanaman Sirih Merah

LPKS Ulil-albab:  Biasanya orang mengenal tanaman sirih berdaun hijau yang biasa dijadikan sebagai obat antiseptik alami.Namun kini ada tanaman sirih merah yang memiliki khasiat tinggi untuk mengobati beragam macam penyakit.


 
Adapun ragam penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman sirih merah ini adalah diabetes, hepatitis, batu ginjal, kolesterol, stroke, asam urat, kanker, hipertensi, maag akut, kelelahan, serta masih banyak lagi gangguan kesehatan lainnya yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi sirih merah secara rutin.
Tanaman yang bernama latin piper crocatum ini tak hanya dijadikan tanaman hias oleh masyarakat namun mulai dibudidayakan sebagai tanaman obat. Tanaman obat tersebut sehingga keberadaannya sudah tersebar di berbagai daerah seperti misalnya di daerah yogyakarta, lereng gunung merapi, papua,aceh, jawa barat dan lain sebagainya.
Sirih merah tak hanya ditanam sebagai tanaman obat saja namun kandungan senyawa kimia yang dimilikinya berhasil dikembangkan menjadi salah satu produk komoditas yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi yaitu sekitar 120 - 150 ribu/kg.
Daun sirih merah tersebut bisa dijual dalam keadaan segar dan khasiatnya bisa mengobati beragam jenis penyakit yang bisa dimanfaatkan masyarakat menjadi beragam jenis produk herbal yang banyak dicari oleh masyarakat.
Saat ini masyarakat memilih obat herbal sebagai alternatif pengganti obat moderen dan ini merupakan peluang usaha yang bagus. Adapun biasanya sirih merah ini menyukai tempat yang teduh dengan udara sejuk dan intensitas matahari sekitar 70 persen.
Sirih merah ini lebih cocok dibudidayakan disekitar daerah pegunungan dikarenakan jika dibudidayakan didaerah panas apalagi jika terkena sinar matahari langsung maka batang pohonnya akan cepat mengering dan warna merah pada daunnya memudar.(rmk)