Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Khasiat Buah : Timun suri mempunyai nama latin Curcumis Lativus. Buah ini merupakan salah satu primadona yang paling dicari sebagai bahan dasar es campur yang menyegarkan.

Ciri-ciri timun suri yaitu buahnya berbentuk lonjong dengan warna kulit kuning dan halus. Buah timun suri mempunyaii tekstur yang mudah rusak ketika matang, mempunyai aroma yang harum dengan daging buah bercitarasa manis serta miliki kadar air yang cukup tinggi sehingga bisa menambah kesegaran dan pelepas dahaga.



Selain menjadi buah yang menyegarkan, timun suri juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, di antaranya:

1. Mengandung vitamin A dan antioksidan
Timun suri mengandung banyak vitamin A, yang baik bagi kesehatan mata. Kandungan anti oksidan yang tinggi pada timun suri juga baik untuk kesehatan yaitu sebagai pencegah penuaan dini.

2. Mencegah flu dan infeksi
Kandungan vitamin C di dalam timun suri bisa mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Hal ini disebabkan karena sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi.

3. Glukosa dan fluktosa yang baik bagi tubuh
Karena ini adalah gula yang mudah larut di dalam tubuh dengan cepat, jadi kita akan dengan segera mendapatkan tambahan energi setelah mengonsumsi timun suri.

4. Menghilangkan racun di dalam tubuh
Kadar air dalam buah timun suri yang sangat tinggi, yaitu sekitar 90 persen membuat kita lancar dalam buang air kecil. Ini bisa bermanfaat membuang racun yang ada di dalam tubuh dan menetralkan tubuh dari racun. Artinya, timun suri membantu detoksikasi di dalam tubuh kita.

5. Mengandung asam linoleat
Asam linoleat pada timun suri berfungsi sebagai antioksidan dan mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan lemak.

6. Anti kanker
kandungan senyawa saponin pada timun suri bisa mencegah sakit kanker, dan timun suri juga memiliki manfaat sebagai menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh kita. Artinya, timun suri sangat baik untuk di konsumsi.(kabar)